Tentang Zakat Saham

Zakat saham termasuk sebagai bagian dari zakat maal, dan wajib ditunaikan oleh mereka yang memiliki saham.

Selain itu, hukum wajib zakat saham bagi pemilik saham apa bila nilai kepemilikan sahamnya sudah mencapai nisab.

Mengutip dari laman resmi baznas.go.id zakat saham ditetapkan berdasarkan kesepakatan ulama pada Muktamar Internasional Pertama tentang zakat di Kuwait, pada 2008.

Dalam kesepakatan tersebut, dijelaskan zakat saham wajib ditunaikan jika nilai saham dan keuntungan investasi sudah mencapai nisab dan haul.

Adapun nisab zakat saham sama nilainya dengan nisab zakat maal yaitu senilai 85 gram emas dengan tarif zakat 2,5% dan sudah mencapai satu tahun atau telah mencapai satu haul.

Baca juga: Presiden dan Wapres Berzakat Lewat Baznas, Ajak Pejabat Lewat Amil Zakat Resmi

Baca juga: Kemenag Sarankan Pembayaran Zakat Fitrah Tidak Dilakukan Secara Tatap Muka

Cara menghitung zakat zaham pun sama dengan cara menghitung zakat maal.

Cara Menghitung Zakat Maal

ANTRE ZAKAT MAL - Ribuan warga antre untuk mendapat pembagian zakat maal dari Masjid Serang sebesar Rp 50.000 di Jl Kalimas Udik Gang I, Kelurahan Nyamplungan, Pabean Cantian, Jumat (31/5). SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
ANTRE ZAKAT MAL – Ribuan warga antre untuk mendapat pembagian zakat maal dari Masjid Serang sebesar Rp 50.000 di Jl Kalimas Udik Gang I, Kelurahan Nyamplungan, Pabean Cantian, Jumat (31/5). SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ (SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Nilai zakat yang harus dibayarkan dalam zakat saham senilai seluruh total harta saham yang dimiliki dikali dengan 2,5 persen.

Kali ini, selain dibayarkan menggunakan nilai rupiah sebagaimana biasa, Lembaga zakat juga memberikan kemudahan kepada investor.

Kemudahan tersebut berupa pembayaran zakat dengan lembaran saham.



Leave a Reply

Your email address will not be published.